Kamis, 27 Januari 2011

Weta, serangga terbesar


Giant Weta atau bisa disebut Weta Raksasa adalah spesies weta di genus deinacrida dari keluarga Anostostomatidae. Serangga ini berasal dari New Zealand. Dengan panjang tubuh hingga 10 cm (tidak termasuk kaki) dan berat lebih dari 71 gram, membuat serangga ini tercatat sebagai serangga terberat di dunia dan bahkan lebih berat dari burung gereja. 

Ada 11 spesies dari weta raksasa, secara signifikan besar tubuh dari spesies-spesies weta raksasa lebih besar dari weta lainnya. Wetapunga adalah sebutan untuk spesies weta terbesar, spesies weta raksasa Little Barrier Island. 


Weta raksasa cenderung lebih pasif dan kurang sosial daripada weta lainnya. Deinacrida, nama genus mereka diambil dari bahasa yunani yang artinya belalang yang mengerikan.






Fakta Weta Raksasa


Weta raksasa Little Barrier Insland atau 'wetapunga' adalah serangga terbesar dan terberat di dunia.


Weta raksasa terbesar yang pernah tercatat adalah weta betina, dan beratnya TIGA KALI lebih berat dari tikus (71gram)


Wetapunga mempunyai arti 'dewa dari segala hal jelek'


Weta raksasa lebih suka menjadi vegetarian


Weta raksasa sering hidup di bawah batu dan di semak-semak.


Dikarenakan berat badannya Weta raksasa tidak bisa melompat.


Weta raksasa kadang-kadang dikenal sebagai dinosaurusnya dunia serangga.


Weta hanya berubah sedikir dalam 100 juta tahun terakhir.


Pada umur 2 tahun weta betina akan menetaskan 100-300 butir telur. Tapi 3-5 bulan sebelum telur itu menetas, weta betina tersebut akan mati duluan.




sumber cafeterra 

0 komentar:

Posting Komentar

Texts

All the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. We don't hold any copyright about these pictures and news. These pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. If any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim rascalist@gmail.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites